Lonceng Kuningan, Kuningan Boyolali

Lonceng Kuningan, Kuningan Boyolali

Lonceng Gantung Kuningan, Kuningan Boyolali

 

Lonceng adalah sejenis bel, bel ini biasanya terbuat dari berbagai macam logam. Lonceng memiliki ukuran yang bermacam-macam, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Mulai dari logam mulia, hingga logam campuran. Jika sedang berkunjung ke negara India tentu banyak sekali di jumpai lonceng-lonceng berukuran besar di kuil-kuil. Negara India adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu. Di India lonceng berukuran besar di gantung di langit-langit kuil. Lonceng biasa dibunyikan saat akan memasuki kuil, sebagai tanda atau memberi salam kepada Dewa-Dewi yang ada di kuil. Lonceng berukuran kecil juga biasa digunakan dan dibunyikan saat pemujaan sedang berlangsung, bersamaan dengan dinyanyikannya lagu pemujaan. Umat Hindu di Indonesia juga menggunakan lonceng berukuran kecil saat melakukan pemujaan.

 

Berbeda negara berbeda pula kebudayaannya, penggunaan lonceng pun juga berbeda. Lonceng memiliki beberapa fungsi lain, diantaranya sebagai berikut. Lonceng digunakan sebagai bel pintu, sebelum adanya bel listrik beberapa tumah menggunakan lonceng yang digantung di depan pintu rumah atau gerbang rumah sebagai bel rumah. Saat tamu atau orang rumah ingin masuk kerumah maka harus membunyikan lonceng terlebih dahulu agar dibukakan pintu oleh orang yang ada dirumah. Dengan begitu orang di dalam rumah dapat tau bahwa diluar ada orang yang hendak masuk ke dalam rumah. Di beberapa kebudayaan lonceng berukuran kecil juga digunakan untuk memanggil pelayan.

 

Lonceng bisa dibuat dengan menggunakan logam campuran antara tembaga dan seng, yaitu logam kuningan. Dengan logam kuningan memiliki warna kuning agak menyerupai warna emas, dengan demikian akan didapatkan lonceng yang berkesan mewah tetapi tak memakan biaya mahal untuk membuatnya. Lonceng dari kuningan juga bisa dibuat dengan bermacam bentuk dan ukuran, serta modelnya. Lonceng dari kuningan akan memberikan kesan mewah dan klasik apabila di gantungkan di depan rumah sebagai bel rumah. Selain sebagai bel rumah dan digunakan di kuil, lonceng juga dapat digunakan sebagai hiasan di langit-langit rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *